Sunday, March 31, 2013

Jalan jalan ke Toili


Perjalanan kali Ini adalah trip petualangan yang kedua selama penugasan di Sulteng.

Setengah tujuh pagi kami berempat berangkat menuju Toili, sebuah kecamatan di Kabupaten Banggai. Ini merupakan pengalaman pertama saya melewati daerah transmigrasi. Kondisi jalanan yang rusak disana sini membuat perjalanan terasa panjang. Namun ketika saya membayangkan kondisi awal para transmigran sewaktu membuka lahan dan lembaran hidup baru di tempat ini, saya berpikir bahwa buruknya jalan beraspal yang mulai banyak berlubang ini bukanlah apa-apa.

Beberapa tahun belakangan marak penambangan emas liar di daerah Toili. Penambangan secara tradisional ini menimbulkan dampak lingkungan yang cukup parah. Menurut cerita dari mulut ke mulut penambangan liar ini sudah menimbulkan korban jiwa yang tidak sedikit. Sebuah ironi lagi mengenai masyarakat yang tinggal di daerah yang subur, kaya hasil tambang dan gas bumi namun memilih mencari nafkah dengan cara yang sangat konvensional dan membahayakan keselamatan diri sendiri.


Ketika berhenti di sebuah pasar saya cukup terkejut karena penjual di pasar tsb adalah orang2 Jawa dan bahasa yang dipakai juga bahasa Jawa.  Haha…serasa di kampung halaman.

Sebuah pasar tradisional di Toili - serasa di tanah Jawa :)
Hamparan sawah menghijau di kiri kanan membuktikan bahwa kondisi tanah disini sangat subur. Banyak juga perkebunan kelapa sawit dan kakao kami jumpai sepanjang jalan.  Rambutan, durian, manggis dan langsat (sejenis duku) juga banyak ditanam oleh penduduk dan dapat kita jumpai dengan mudah dijajakan di pasar2.


Pertanian yang subur
 
Ternyata di banyak tempat di Toili juga banyak bangunan bangunan bercirikan Bali. Pastinya yang banyak tinggal disitu adalah orang2 yg berasal dari Bali.

Rumah2 berciri Bali mendominasi sepanjang perjalanan menuju pantai Pandanwangi

serasa di Pulau Dewata


bergaya sejenak di pantai Pandanwangi


having lunch @ pandanwangi beach

sumur gas



Jembatan gantung - Bendung Mentawa

 

mandi di Mentawa - suegerrrrrrr.................


Alam di sekitar Bendung Mentawa


Jembatan gantungnya lumayan panjang loohhh....kereeeennnn....

Fenomena matahari unik dalam perjalanan pulang dari Toili


No comments:

Post a Comment