Monday, April 12, 2010

Sebulan Nge-Blog (Antara Foto, Blog dan Menulis ‘Note’ di FB)

Tak terasa sudah sebulan usia blog saya. Sebagai pemula, waktu sebulan yang cukup produktif buat saya. Hal ini dikarenakan saya ingin segera memenuhi halaman blog saya supaya tidak terlihat kosong. Mudah-mudahan bukan sekedar ‘hangat-hangat tahi ayam’ semangat di awal saja dan melembek sesudahnya. Meskipun saya sadar nantinya produktifitas saya bisa saja turun drastis di saat kebosanan melanda dan tidak ada mood sama sekali buat menulis di blog.

 

 

Memiliki sebuah blog dan keinginan untuk menulis ternyata membawa dampak positif, setidaknya buat saya pribadi. Betapa keinginan untuk berbagi cerita dan menulis jurnal pribadi membuat saya berusaha untuk lebih memaknai peristiwa-peristiwa dan kejadian-kejadian yang saya lihat dan saya alami sendiri sehari-hari, Betapa selama ini perjalanan hidup saya tidak terdokumentasikan secara naratif, karena memang saya tidak pernah membuat diary secara khusus. Masih mendingan lah..saya menyimpan cukup banyak foto-foto.

 

Foto memang bisa ‘berbicara’. Namun bukan menurut orang yang ada dalam foto tersebut melainkan menurut imajinasi orang yang melihatnya. Dan kebanyakan foto-foto yang saya simpan hanyalah momen-momen liburan dan foto-foto bersama teman-teman saya. Bukan bermaksud ‘mengecilkan’ arti foto. Namun, ya begitu-lah. Kebanyakan wajah-wajah gembira para ‘banci foto’, istilah gaulnya. Tap tak bisa dipungkiri, melihat album foto membantu kita mengingat teman-teman, saudara-saudara dan momen-momen yang kita lewatkan bersama mereka.

 

Bila foto lebih mengeksplorasi obyek, angle, background, lighting dan bermacam teknik fotografi (yang tidak saya kuasai) lainnya, menulis buat saya merupakan bentuk ekspresi lain yang tidak tertangkap oleh kamera. Menulis memerlukan keberanian untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan kita, yang tidak semua orang berani melakukannya.

Fenomena facebook berperan positif untuk masalah ini. Bagaimana untuk menulis/updating status misalnya, orang-orang berani mengungkapkan hal-hal apa yang sedang dikerjakan atau terpikirkan olehnya. Saya perhatikan betapa orang-orang yang dulu saya kenal pendiam pun, saat ini malah aktif mengupdate statusnya di FB.

 

Facebook memang menyediakan aplikasi ‘note’ yang fungsinya saya pikir sama dengan blog. Namun buat saya, rasanya koq lebih nyaman untuk menulis di blog ya?

Nggak tau aja, namun memang menulis di blog sendiri dengan bikin ‘note’ di FB memang ‘taste’-nya beda (setuju nggak?).

Makanya setelah saya jenuh fesbukan, saya baru pingin nge-blog. Mungkin kebalikan dari blogger-blogger yang sudah senior yang sudah sejak lama nge-blog dan ketika fenomena facebook muncul, baru ikut fesbukan.  

 

Yo wisss….Keep on Writing, lahhh…!!!

 

No comments:

Post a Comment